PENGERTIAN MANAJEMEN, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ORGANISASI, FAKTOR YANG MEMICU ORANG TERLIBAT DALAM ORGANISASI

PENGERTIAN MANAJEMEN, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ORGANISASI, FAKTOR YANG MEMICU ORANG TERLIBAT DALAM ORGANISASI 


Pengertian Manajemen
Manajemen adalah ilmu untuk mengatur sesuatu dengan menggerakkan orang lain yang membentuk suatu kelompok untuk mencapai tujuan tertentu.

Secara etimologi, manajemen diambil dari bahasa Perancis Kuno yaitu management yang berarti seni dalam mengatur dan melaksanakan. 2 acuan adanya manajemen adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Kelebihan dan Kekurangan Organisasi
Berikut adalah tabel yang menunjukan kelebihan dan kekurangan organisasi yang berjalan dengan penerapan fungsi manajemen yang baik dan benar:

Kelebihan
Kekurangan
1. Beban bagian tidak terlalu berat karena adanya koordinasi antar bagian.
1. Perbedaan tiap bagian dalam orientasi pencapaian tujuan.
2. Jadwal kerja saling terkait sehingga terjamin akan selesai tepat waktu.
2. Perbedaan tujuan/sasaran antar pribadi.
3. Tiap bagian akan memperoleh informasi yang jelas dalam partisipasi pencapaian tujuan.
3. Perbedaan dalam orientasi waktu serta formalitas struktur.


Pengertian Organisasi
Organisasi merupakan suatu hubungan seseorang dengan yang lainnya yang melingkup berbagai fungsi, personalia, dan faktor-faktor fisik agar semua beban atau pekerjaan dapat dilaksanakan dan bermanfaat serta terarah pada suatu sasaran.

Alasan Orang Minat dalam Mengikuti Organisasi
Contoh organisasi yang sering kita jumpai adalah OSIS di sekolah, ada juga BEM di perguruan tinggi dan masih banyak lainnya. Apa yang menjadi alasan orang banyak meminati dalam mengikuti organisasi? Menurut saya, ada beberapa faktor yang menjadi dasar seseorang mengikuti sebuah 
organisasi.
  1. Bergabung dengan organisasi akan memberimu banyak kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang yang menginspirasi.
  2. Kamu mulai belajar bahwa tekanan membuat mentalmu dirimu menjadi lebih kuat dan bijaksana dalam memandang permasalahan.
  3. Kamu belajar untuk merencanakan manajemen waktumu sedini mungkin, dan inilah cikal bakal kemandirianmu nanti.
  4. Dalam organisasi kamu akan terbiasa melihat segala hal dari sudut pandang yang berbeda, sehingga pemikiranmu jadi terbuka dan tidak egois.

  5. Tak hanya belajar soal manajemen waktu saja, tapi kamu juga mulai untuk melakukan perencanaan terhadap siklus keuanganmu.

Fungsi – Fungsi Manajemen
Ada empat fungsi manajemen yaitu:
   a.       Perencanaan (Planning) adalah penentuan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Tujuan adanya perencanaan untuk mengetahui waktu suatu kegiatan berlangsung, meminimalisir kegiatan-kegiatan yang tidak produktif, memberikan gambaran yang menyeluruh tentang suatu pekerjaan dan memperkirakan kendala/kesulitan yang akan timbul.

   b.      Perorganisasian (Organisizing)
Perorganisasian yang baik dapat memberikan keuntungan seperti:
I.                    Terbina hubungann yang baik antar anggota sehingga akan mempermudah pencapaian tujuan.
II.                 Setiap anggota mengetahui tugas dan kewajibannya serta tanggungjawabnya masing-masing.

   c.       Pengarahan (Directing)
Pengarahan merupakan keinginan seseorang untuk membuat orang lain mengikuti keinginannya menggunakan kemampuan pribadi atau kekuasaan jabatan demi kepentingan jangka panjang perusahaan. Tujuannya supaya tugas-tugas dapat terselesaikan dengan baik.

   d.      Pengawasan/Pengendalian (Controlling)
Fungsi pengawasan adalah upaya untuk menilai suatu kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan perbaikan apabila memang dibutuhkan. Bentuk pengawasan yang baik adalah pengawasan yang sesuai dengan kebutuhan dan sifat atau karakter dari perusahaan. Sebuah pengawasan yang baik dilakukan dengan tidak menelan banyak biaya dan bisa menjamin adanya kegiatan perbaikan.


Keterampilan Manajemen
Robert L. Katz membagi 3 jenis utama keterampilan seorang manajer, yaitu:
   a.        Teknis ‣ kemampuan seseorang untuk menggunakan alat-alat, prosedur serta teknik suatu bidang yang khusus.
   b.      Manusiawi ‣ kemampuan untuk memotivasi orang lain dan bekerja secara individu maupun kelompok.
   c.       Konseptual ‣ kemampuan untuk mengkoordinasikan dan memadukan semua kepentingan dan kegiatan operasional yang bersifat jangka panjang dari suatu perusahaan.


https://sap.gunadarma.ac.id/indexlama.php 
https://baak.gunadarma.ac.id/ http://staffsite.gunadarma.ac.id/index.php?go=search 
https://studentsite.gunadarma.ac.id/index.php/default/index
 https://seminar.gunadarma.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KASUS : PENYELESAIAN SENGKETA ADAT DI BALI (STUDI KASUS SENGKETA TANAH SETRA ANTARA DESA PAKRAMAN CEKIK DENGAN DESA PAKRAMAN GABLOGAN, KECAMATAN SELEMADEG, KABUPATEN TABANAN)

Hukum Perjanjian Baku / Standar yang pasal - pasalnya ditentukan Perjanjian diatur dalam BW

Asas dan Tujuan Anti Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat serta Kegiatan dan Perjanjian yang dilarang